Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3

Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di 777 slot Art of War 3 (COVER)Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3 (COVER) Pada artikel ini aku akan membagikan tips dan trik memenangkan pertempuran di Art of War 3: Global Conflict. Bagi kamu yang baru mulai bermain game ini, tips dan trik berikut akan membantumu dalam memenangkan setiap pertempuran di Art of War 3. Check it out!

Sekilas perihal Art of War 3: Global Conflict

Hola teman akrab gaming semua! Di sedang semaraknya dunia per-gamingan yang makin amazing, kali ini aku bakal mengulas tips dan siasat bermain salah satu game yang tidak kalah seru. Nama game ini adalah Art of War III: Global Conflict. Jika anda senang bermain game di HP java-mu dulu, maka anda bisa saja mengerti game pendahulunya yang bernama Art of War 2: Global Confederation dan Liberation of Peru. Pada game ini, anda berperan sebagai komandan dan bertugas menyita alih wilayah perang atau menyelesaikan misi yang diberikan atasan kepadamu.

Pada AOW2 GC, anda bakal bermain sebagai komandan berasal dari faksi Confederation. Faksi ini merupakan faksi pemerintah yang mana unit dan bangunannya berwarna biru. Sedangkan pada AOW2 LoP, anda berperan sebagai komandan berasal dari faksi Resistance. Faksi tersebut merupakan faksi oposisi pemerintah dan unit serta bangunannya berwarna merah.

Bertahun-tahun berlalu, Gear Games kelanjutannya melanjutkan seri AOW untuk platform smartphone (Android/iOS) yang dinamakan Art of War 3: Global Conflict. Pada AOW3 ini, anda bisa memilih peran sebagai komandan di faksi Confederation atau di faksi Resistance. AOW3 merupakan game online di mana anda bisa bermain Campaign (cerita) atau multiplayer untuk bermain bersama dengan orang lain.

Mode multiplayer AOW3 ada 3, yaitu:

Mode PvP biasa, di mana anda bisa bermain 1 vs 1 atau 2 vs 2; Mode Turnamen, yang mana layaknya mode PvP biasa namun tingkat persaingannya tinggi; dan Mode Skirmish, di mana anda bakal bermain bersama dengan seorang player lainnya melawan bot atau Computer (Co-Op). Dari seluruh game RTS (Real Time Strategy) yang bisa dimainkan di smartphone (HP), menurut aku AOW3 merupakan yang terbaik. Namun sayang, pada AOW3 ini ada proses boost yang bisa dibeli menggunakan uang asli, yang mana bisa menyebabkan pemain gratisan (free player) tertinggal jauh.

Meski proses boost ini bisa merubah permainan, kemenangan bisa ditentukan bersama dengan skill dan siasat yang tepat. Jadi anda bisa senantiasa memenangkan pertempuran melawan pemain boost meskipun anda pemain gratisan, bersama dengan catatan skill dan strategimu lebih baik dibandingkan lawan. Namun tetap, jika lawan anda merupakan pemain boost dan skill serta strateginya lebih baik darimu, maka kekalahanmu sebagai pemain gratisan udah bisa dipastikan.

Nah bagi anda pemula yang baru bermain AOW3, tersebut aku bakal berikan tips dan siasat memenangkan pertempuran di Art of War 3: Global Conflict.

A. Faktor Internal (in-game)

a. Bangun Bangunan Penting di Awal Game
Sesaat setelah permainan dimulai, anda bakal memasuki waktu Deployment Time Mode atau Mode Pembangunan. Kamu kudu berpikir untuk kedepannya, jangan menyebabkan bangunan yang bisa saja tidak amat mutlak di awal permainan (Early Game).

Sebagai referensi, anda bisa membangun bangunan tersebut (ConfedxResist) secara berurutan setelah game dimulai:

b. Mapping (menjelajahi peta)

Klaim resource container Mapping merupakan hal paling mutlak untuk dikerjakan pada awal game. Segera setelah anda membangun Barracks, train unit pertama (Rifleman & Assault) dan tugaskan mereka berkeliling peta untuk terhubung tempat gelap dan melacak resource container (RC).

Kamu kudu mengerti bahwa musuhmu terhitung sedang laksanakan hal yang sama. Oleh dikarenakan itu, saat unit mereka mapping, cari dan datangi base mereka untuk setidaknya menyaksikan lokasi-lokasi bangunan awalnya.

Dalam fase mapping ini, Fraksi resistance lebih unggul dikarenakan rifleman mereka bisa lebih cepat diproduksi daripada Assault Confederation. Satu hal yang kudu diperhatikan, tugaskan unitmu untuk fokus mapping. Meski mereka berjumpa musuh, jangan biarkan unitmu berhenti dan menyerangnya.

Fast attack Jika peta pertempuran miliki wilayah perairan, jangan tergesa-gesa untuk membangun shipyard. Awasi khususnya dahulu base musuhmu, dikarenakan bisa jadi mereka memiliki rencana fast attack (biasa disebut FA).

Kamu bisa mengawasi gerak-gerik musuh bersama dengan cara menugaskan unit untuk patroli di wilayah-wilayah tertentu. Kamu terhitung bisa mengorbankan satu atau dua unit infantri untuk mengecek base musuh, menyaksikan apa mereka sedang fokus membangun atau mengolah unit tempur.

Untuk fraksi resistance, jangan tergesa-gesa menyebabkan shipyard untuk mapping tempat berair. Jika anda lengah, musuhmu bisa memiliki rencana fast attack bersama dengan mengolah banyak unit fortress. Fortress punya fraksi confederation amat mematikan bagi unit infantri fraksi resistance. Perhatikan gerakan musuh, dan langsung bangun shipyard bila ada kesempatan.

Untuk fraksi confederation, anda bisa saja tertarik untuk laksanakan fast attack. Namun pastikan anda menyaksikan wilayah musuhmu khususnya dahulu. Jangan laksanakan fast attack jika musuhmu udah mempunyai pertahanan mumpuni. Selain itu, anda kudu langsung membangun shipyard jika peta pertempuran di wilayah berair. Ingat, unit delta punya confederation merupakan unit amfibi, mereka bisa menyerang di wilayah air dan daratan. Jadi, meskipun fraksi resistance memiliki rencana fast attack, anda bisa membangun lebih banyak unit terhitung delta untuk menjaga base-mu.

Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3

c. Pahami Kondisi Pertempuran

Setelah melalui dua fase di atas, sesudah itu anda hanya kudu fokus untuk mengerti situasi pertempuran. Produksi unit, bangun bangunan yang diperlukan, dan terus awasi gerak-gerik musuh. Jika anda kehilangan akses untuk menyaksikan base musuh, simpan lebih dari satu unit di wilayah-wilayah tertentu, sehingga anda bisa mengerti jalan mana yang musuh ambil waktu laksanakan penyerangan. Dalam waktu yang sama, terus buat pertahanan sehingga base anda bisa bertahan jika diserang.

Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3 Menyerang atau bertahan? Untuk menyerang, persiapan anda kudu amat matang. Karena, satu kekeliruan fatal bisa menyebabkan kekalahan. Amati gerakan musuh dan serang mereka bila memungkinkan. Jika base anda diserang, panggil seluruh unit tempur ke wilayah penyerangan. Segera mengolah unit dan buat bangunan pertahanan untuk merawat bangunan-bangunan pentingmu. Menang/kalah bisa ditentukan waktu itu. Jika anda amat sukses bertahan (hanya sedikit bangunan yang hancur/tidak mirip sekali), langsung pulihkan base dan siapkan serangan balasan bila memungkinkan.

Jika musuh terus menerus menyerang tanpa jeda, maka anda kudu bisa fokus bertahan dan terus mengembangkan basemu. Karena mereka menyerang tanpa henti, bisa dipastikan jika pertahanan base mereka kecil. Lakukan serangan balasan langsung setelah serangan musuh berhenti dikarenakan kehabisan unit.

Tips menang cepat (<25 menit) Lakukan fast attack. Secara umum unit fraksi confederation yang cocok untuk laksanakan fast attack di <10 menit adalah fortress. Jika di atas >10 menit, kebanyakan fast attack dikerjakan bersama dengan unit hammer atau cyclone.

Sedangkan untuk fraksi resistance, fast attack di <10 menit cocok untuk Mengenakan pasukan infantri (satu unit atau campuran) atau Mengenakan unit Coyote. Jika di atas >10 menit, kebanyakan fast attack dikerjakan bersama dengan unit armadillo atau dragonfly. Serang menggunakan unit jet tempur. Untuk mengolah jet tempur, anda kudu membangun pabrik pesawat (aviafactory) dan landasannya (airfield). Jika Mengenakan boost, mengolah 4 pesawat jet baik itu hawk punya resistance atau vortex punya confederation, bisa diselesaikan di dalam 12 menit saja.

Setelah 4 unit jet tempur anda miliki, langsung serang power plant di base musuh. Ingat, fokuskan serangan jet pada power plant saja sehingga bangunan pertahanan musuh jadi tidak aktif (karena kekurangan daya). Saat penyerangan, buat unit darat untuk menyerang base musuh setelah bangunan pertahanan mereka tidak aktif.

Tips memenangkan pertempuran panjang (>25 menit) Jika pertempuran sampai pada menit 25 ke atas, bisa dipastikan baik itu base anda ataupun base musuh bakal mempunyai pertahanan yang mumpuni. Untuk memenangkan pertempuran panjang, anda hanya kudu fokus mencari-cari celah musuh saja.

Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3

Setelah anda coba menyerang namun pertahanan musuh senantiasa tertembus, atau senantiasa bertahan namun serangan musuh terus menerus membuatmu kewalahan, anda bisa coba untuk menyerang sambil bertahan, atau bertahan sambil menyerang. Hal ini sering disebut bersama dengan metode memajukan base. Caranya, bangun construction yard mendekati wilayah musuh, sehingga anda bisa bersama dengan leluasa menyerang dan bertahan. Namun, senantiasa menyaksikan kondisi. Jangan sampai anda fokus memajukan base namun musuh memiliki rencana hal lain, sehingga anda bisa kalah. Tetap Fokus!

d. Bijak di dalam Menggunakan Boost
Seperti tips yang biasa muncul waktu loading screen, Use Boost Wisely. Boost tidak mengubah apakah kau bakal menang atau kalah. Namun Boost bakal amat mendukung bila kau benar di dalam menggunakannya. Jadi, jangan berpikir bersama dengan menggunakan banyak boost anda bisa menang. Aturlah siasat jitu yang tidak bisa diterka musuh sehingga kemenangan bisa anda raih! Namun siasat dan skill tetaplah utama. Percuma anda terus menerus menggunakan boost jika siasat anda enteng diterka musuh.

Kesimpulannya, jika player non-boost melawan player boost, yang memilih adalah siasat dan skill kedua pemain tersebut. Jika player non-boost mempunyai siasat dan skill yang lebih baik berasal dari player boost, maka kemenangan bisa diraih meskipun dia tidak Mengenakan boost mirip sekali. Sebaliknya, jika siasat dan skill player boost lebih baik berasal dari player non-boost, maka kemenangannya bisa cepat ia dapatkan.

B. Faktor Eksternal (level bangunan dan unit tempur)
a. Upgrade Hanya Bangunan dan Unit yang Sering Dipakai
Saat bermain, pasti anda pernah berjumpa lawan yang terus-terusan menyerang menggunakan unit yang mirip sehingga anda kewalahan. Itulah salah satu cara jitu memenangkan pertempuran, yaitu bersama dengan meng-upgrade bangunan dan unit yang itu-itu saja. Sebagai contoh, coba upgrade tank armadillo atau hammer-mu sampai MAX, dan rasakan sensasinya!

Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3
b. Melihat Pro Player Bermain
Selain bermain, coba untuk mempelajari cara bermain seorang Pro. Mereka biasa mengupload gameplay mereka di Youtube. Tonton, pelajari, dan kembangkan!

c. Latihan bersama dengan Pro Player
Tahukah kamu, banyak Orang Indonesia yang player di game AOW3 ini. Buktinya, National Chat Indonesia tidak pernah sepi. Selain itu, kebanyakan berasal dari mereka adalah pro player loh! (aku gak terhitung ya sob!) Jujur saja, aku amat mulai kesal jika berjumpa bersama dengan Player Indonesia. Kenapa? Karena melawan mereka kudu full strategi, ngotak sampe pala pusing (wkwkw).

Cobalah berbaur di national chat, untuk sebatas mengakrabkan diri, bertanya tips, minta latihan bareng, dan sebagainya. Rata-rata player AOW3 ini orang dewasa, dan mereka ramah pada pemula. Kalau mereka miliki waktu, tantangan anda pasti bakal dikabulkan (hehe).

Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3Tips & Trik Memenangkan Pertempuran di Art of War 3
Itulah tips dan siasat dariku untuk memenangkan pertempuran di game Art of War 3. Intinya sih ya, main game ini memerlukan siasat yang bagus. Full ngotak bre!

Mau train bareng? Boleh, kok. Cuman aku sekarang jarang aktif (wkwk). Terakhir fokus main di th. 2017 selanjutnya dan baru tempo hari aku instal ulang untuk sekadar nostalgia (xD).

Tentang Penulis

admin6