Sejarah Pada Sebuah Game Harvest Moon

Game Harvest Moon adalah sebuah seri permainan simulasi pertanian yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama Marvelous Entertainment (sebelumnya Victor Interactive Software). Seri ini pertama kali dirilis pada tahun 1996 untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES) di Jepang dengan judul “Bokuj┼Ź Monogatari” yang berarti “Cerita Ranch.” Dalam seri ini, pemain mengendalikan karakter yang mewarisi peternakan dari kakeknya dan bertugas untuk merawat dan mengembangkan peternakan tersebut.

Berikut adalah sejarah perkembangan utama dari seri Harvest Moon:

  1. Harvest Moon (1996):
    • Marvelous Entertainment merilis Harvest Moon pertama kali di Jepang untuk SNES. Permainan ini menawarkan pengalaman pertanian simulasi yang inovatif pada masanya.
    • Pemain dapat menanam tanaman, memelihara hewan ternak, berinteraksi dengan penduduk desa, dan bahkan memiliki kehidupan pernikahan di dalam permainan.
  2. Harvest Moon di Platform Lain:
    • Kesuksesan Harvest Moon di SNES situs judi bola mendorong pengembangan versi untuk platform lain seperti PlayStation, Game Boy, dan versi-versi lainnya. Setiap versi membawa inovasi baru dan peningkatan dalam gameplay.
  3. Eksplorasi Pasar Internasional:
    • Harvest Moon mendapatkan popularitas di pasar internasional ketika diterbitkan di luar Jepang oleh Natsume. Di luar Jepang, game ini dikenal dengan nama “Harvest Moon.”
  4. Perkembangan dan Inovasi:
    • Seri Harvest Moon terus berkembang dengan inovasi-inovasi seperti lebih banyak pilihan karakter, tanaman, hewan ternak, dan elemen gameplay baru.
    • Pada tahun 1999, Harvest Moon 64 dirilis untuk konsol Nintendo 64, membawa elemen grafis 3D untuk pertama kalinya.
  5. Perubahan Nama dan Pengembang Baru:
    • Pada tahun 2003, Marvelous Entertainment berganti nama menjadi Marvelous Interactive, dan kemudian XSEED Games menggantikan Natsume sebagai penerbit untuk pasar Amerika Utara. Natsume, bagaimanapun, mempertahankan hak atas merek dagang “Harvest Moon.”
  6. Story of Seasons (2014):
    • Pada tahun 2014, Marvelous AQL (sekarang Marvelous Inc.) mengganti nama seri Harvest Moon di luar Jepang menjadi “Story of Seasons.” Ini karena konflik hak kekayaan intelektual yang membuat XSEED Games melanjutkan seri Harvest Moon yang berbeda dari yang dikembangkan oleh Marvelous Inc.
  7. Pertumbuhan dan Cabang Seri:
    • Seri Harvest Moon dan Story of Seasons terus berkembang dengan banyak judul baru dan tambahan fitur menarik. Selain itu, beberapa spin-off dan game terkait seperti Rune Factory (spin-off RPG dari Harvest Moon) juga memperkaya ekosistem game tersebut.

Harvest Moon terus menjadi salah satu seri simulasi pertanian yang paling populer dan dihargai di dunia. Kesuksesannya sejak awal membuktikan daya tarik gameplay yang unik dan daya tarik simulasi kehidupan pertanian yang diusungnya.

Tentang Penulis

admin4