Dampak Tamasya Setelah Pecah Perang Hamas Vs Israel

Pertempuran terus terjadi antara militan Hamas dan pasukan Israel. Perang itu berimbas kepada sektor pariwisata.
Dikabarkan dari CNN, Rabu (11/10/2023), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyuarakan bahwa negaranya sekarang sedang berperang. Sebagian besar maskapai internasional sudah membatalkan penerbangan ke sana.

Satu festival musik, Festival Supernova, menjadi salah satu yang merasakan segera musibah perang militan Hamas dan Israel itu. Peserta festival, kru, dan pekerja dihujani roket dan patut melarikan diri dengan bermacam-macam cara. Ada yang pura-pura mati untuk menyelamatkan diri. Sejumlah aspek pariwisata lain terdampak imbas perang itu.

Dampak ke maskapai Israel
Di antara lokasi yang diklaim Hamas sebagai sasarannya merupakan Bandara Internasional Ben Gurion, pusat penerbangan internasional Israel, yang terletak tepat di luar Tel Aviv.

Nic Robertson dari CNN sedang mendarat di bandara pada hari Sabtu (7/10/2023) dikala suara rudal terdengar di atas kepalanya.

Dia dan penumpang serta awak lainnya meringkuk tengkurap di tanah dikala sirene berbunyi di kejauhan dan rudal dicegat oleh cara pertahanan udara Iron Dome negara hal yang demikian.

Walaupun terjadi pertempuran, web web Ben Gurion mengatakan bandara terbesar dan tersibuk di negara itu masih buka dan beroperasi hingga Senin pagi.

Bandara terbesar kedua di negara itu, Bandara sbobet indonesia Internasional Ilan dan Asaf Ramon (ETM) di Kota Eilat di Laut Merah selatan, juga mengatakan pihaknya berencana untuk melanjutkan layanannya.

Walaupun untuk maskapai penerbangan Israel, El Al, mengeluarkan pernyataan pada 8 Oktober yang mengatakan akan terus beroperasi seperti umum.

\\\”El Al Airlines beroperasi sesuai dengan instruksi pasukan keamanan Israel. Penerbangan kami dioperasikan sesuai jadwal. Segala penerbangan El Al hanya akan berangkat dari Terminal 3,\\\” katanya.

Maskapai ini menawarkan alternatif bagi penumpang yang berharap membekukan karcis. Sehingga mereka bisa menerapkannya pada tanggal mendatang yang tak ditetapkan.

Biaya perubahan pemesanan dibebaskan bagi wisatawan yang mempunyai jadwal penerbangan antara sekarang hingga 21 Oktober.

Dua maskapai penerbangan kecil di negara itu, Israir dan Arkia Airlines, mengatakan mereka akan mengoperasikan penerbangan untuk membantu warga Israel di luar negeri untuk kembali ke rumah mereka.

Maskapai dunia membatalkan penerbangan ke Israel
Maskapai penerbangan internasional sudah mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi layanan udara mereka ke Israel secara drastis seiring dengan perkembangan kondisi.

Salah satunya merupakan maskapai penerbangan Jerman Lufthansa. Perdana Menteri Prancis √Člisabeth Borne mengatakan bahwa Air France sudah menangguhkan semua penerbangan ke Israel untuk sementara waktu.

Cathay Pacific Airways dari Hong Kong mengatakan pada hari Senin bahwa mereka membatalkan penerbangannya ke dan dari Tel Aviv dan berikutnya akan memberikan berita terbaru pada 12 Oktober.

Korean Air, satu-satunya maskapai penerbangan Korea Selatan yang mengoperasikan penerbangan segera antara Incheon dan Tel Aviv, membatalkan penerbangannya pada hari Senin dan operasi berikutnya merupakan untuk membawa warga Korea pulang.

Delta Air Lines mengatakan membatalkan semua penerbangan ke dan dari Tel Aviv selama bulan ini. Pihaknya akan berprofesi sama dengan pemerintah AS untuk membantu repatriasi warga AS yang berharap kembali.

American Airlines sudah membatalkan semua penerbangan ke dan dari bandara internasional utama Israel hingga 4 Desember. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan dari Bandara Internasional John F. Kennedy di New York ke Bandara Internasional Ben Gurion di Tel Aviv.

United Airlines juga sudah membatalkan penerbangan segera. Maskapai ini mengonfirmasi bahwa penerbangan akan ditangguhkan hingga kondisi memungkinkan untuk melanjutkan penerbangan.

Maskapai besar lainnya yang mengumumkan pembatalan termasuk: Air Canada, Hainan Airlines, Virgin Atlantic, Royal Air Marcoc.

Maskapai hemat Wizz Air mengatakan pihaknya sudah membatalkan semua penerbangannya hingga 10 Oktober dan akan memberi berita terbaru kepada penumpang seputar jadwal keberangkatan berikutnya.

EasyJet mengatakan pihaknya menghentikan sementara penerbangan ke dan dari Tel Aviv paling cepat hingga 13 Oktober.

Dampak ke kapal pesiar
Banyak perusahaan pelayaran besar patut mengerjakan penyesuaian pada menit-menit terakhir sebelum agenda pemberhentian di Israel.

Kapal Norwegia Jade sudah membatalkan pemberhentian pada tanggal 11 dan 12 Oktober di Ashdod dan Haifa. Sebagai gantinya mereka akan menuju ke Turki sebelum mengakhiri perjalanannya di Athena.

Royal Caribbean juga mengumumkan akan membatalkan dua pelayaran sebab berangkat dari Haifa dengan kapal Rhapsody of the Seas miliknya.

Pernyataan itu menambahkan bahwa pelanggan pada pelayaran yang terkena imbas berhak mendapatkan pengembalian dana penuh.

Sementara itu, Celestyal Cruises menangguhkan pemberhentian di semua pelabuhan Israel hingga akhir November.

Acara terprogram di Israel
Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa sudah membatalkan semua laga yang dijadwalkan berlangsung di Israel selama sebagian minggu ke depan.

Itu termasuk kualifikasi Euro 2024 antara Israel dan Swiss, serta laga kejuaraan Euro U-21 Israel melawan Estonia dan Jerman.

Live Nation, perusahaan musik dan acara segera, mengumumkan bahwa konser Bruno Mars yang dijadwalkan berlangsung di Yarkon Park Tel Aviv pada akhir minggu dibatalkan.

Musisi Hawaii ini tampil di hadapan penonton yang tiketnya terjual habis pada tanggal 4 Oktober dan dijadwalkan mengadakan konser kedua pada tanggal 7 Oktober.

Live Nation mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tiap orang yang sudah membeli karcis untuk pertunjukan kedua akan otomatis dikembalikan dananya.

Tentang Penulis

admin4